Ilmu Komputer | Dalam dunia komputer dan teknologi informasi kita sering mendengar kata software. Banyak pengguna komputer yang sekedar memakai software tanpa mengetahui pengertian software tersebut, termasuk saya. Tujuan postingan saya kali ini untuk belajar bareng sama Mas Bro dan Mba Bro yang sering beduaan dengan komputer untuk memahi pengertian software.

Langsung saja materi kali ini kita mulai. hi

Pengertian Software
komputer, software, freeware, free software, crack, hacker
Software sering juga disebut perangkat lunak (bukan termasuk kue, bubur ayam, dll). Kerena disebut juga sebagai perangkat lunak, maka sifatnya pun berbeda dengan hardware atau perangkat keras. Jika perangkat keras adalah komponen yang nyata dan dapat kita sentuh.

pengertian lain Software adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer dan dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah. Melalui software atau perangkat lunak suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah.



Jenis-jenis Software
Software berdasarkan distribusinya dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu software berbayar, software gratis atau free (Freeware, free software, shareware, adware).

Software Berbayar
Merupakan perangkat lunak yang didistribusikan untuk tujuan komersil, setiap pengguna yang ingin menggunakan atau mendapatkan software tersebut dengan cara membeli atau membayar pada pihak yang mendistribusikannya. Contoh software berbayar: microsoft windows, microsoft office, adobe photoshop, dan lain-lain.

Freeware
Freeware adalah perangkat lunak gratis adalah perangkat lunak komputer berhak cipta gratis digunakan tanpa batas waktu, berbeda dari share yang mewajibkan penggunanya membayar (misalnya setalah jangka waktu percobaan untuk memperoleh fungsi tambahan). Definisi lain dari software adalah program apapun yang didistribusikan gratis, tanpa biaya tambahan. Contoh: suiter browser, dan mail client, mozilla news juga didistribusikan di bawah GPL (free software).

Free Software
Free Software lebih mengarah kepada bebas pengguna tetapi tidak harus gratis. Klasifikasi ini mempengaruhi cara dimana program dipasarkan, dan independen dari lisensi perangkat lunak mereka berasal.

Perbedaan antara Free Software dan Freeware terletak pada arti kata antara free dalam bahasa inggris, yang berarti keduanya bebas dan gratis. Jadi pebedaan Free software dan Freeware adalah Free Software tidak perlu bebas dan Freeware tidak harus gratis.

Shareware
Shareware juga bebas tetapi dibatasi untuk waktu tertentu. Shareware adalah program terbatas yang didistribusikan baik secara demonstrasi ataupun versi evaluasi dengan fitur atau fungsi yang terbatas atau dengan menggunakan batas waktu tertentu yang telah ditetapkan (misal 30 hari). Dengan demikian, memberi pengguna kesempatan untuk menguji produk sebelum membelinyadengan versi lengkap software tersebut.

Itulah pelajaran kita hari ini mengenai Pengetian Software Komputer. Semoga menambah pengetahuan kita tentang Ilmu Komputer.

Sumber : Dari berbagai sumber

Pengertian Software Komputer


Comments
Share
Related


16 comments:

  1. Infonya sangat bermanfaat sekali, terimakasih sudah berbagi sob !!

    Happy Blogging !!

    ReplyDelete
  2. dulu waktu baru masuk SMA suka bete klo pelajaran TI,. cz ya itu berbau hal-hal yang begitu tuh perangkat lunak, keras, bayanginnya udh ribet,
    eh trnyata simple yah :D

    thx udah berbagi ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Simpel sebenernya Mba Bro kalo udah suka dulu dengan Ti. he
      Sama-sama Mba Bro

      Delete
  3. wew , baca ini ilmu ku jdi bertambah :D , makasih banyak mas ..
    followback sukses mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat nambah ilmu Mas Bro. Sama-sama
      terimakasih Followbacknya Mas Bro

      Delete
  4. mantabs..ulasannya sangat detail dan mudah dipahami..trimakasih soba sudah berbagi info :-)

    ReplyDelete
  5. Terimakasih maz sudah berbagi, nice share.

    #Happy Blogging !! Salam Sukses.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Mas Bro, trimakasih dah nongkrong di blog ku.hi

      Delete

Designed By Seo Blogger Templates