Arsip Kuliah | Kita lanjutkan kuliah kita di Teknik Informatika. Sebelum kita mempelajari Teori tentang Bilangan Desimal, Ada baiknya Mas Bro dan Mba Bro baca terlebih dahulu Materi Dasar Teknik Digital pada postingan sepuluh ribu tahun yang lalu. Jika sudah mari kita baca dan pelajari materi kita kali ini. Sistem Bilangan Desimal.

Bilangan Desimal adalah di mana sistem ini menggunakan 10 macam simbol yaitu 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, dan 9. Sistem ini menggunakan basis 10. Bentuk nilai dari Sistem Bilangan Desimal ini dapat berupa integer desimal dan pecahan.

Integer Desimal adalah nilai desimal yang bulat, misalnya 8598 dapat diartikan :

bilangan desimal, integer, dasar teknik digital
Setiap simbol pada Sistem Bilangan Desimal mempunyai absolute value dan psition value. Absolute Value adalah nilai mutlak dari masing-masing digit bilangan. Sedangkan Positif Value adalah nilai bobot dari masing-masing digit bilangan tergantung letak posisinya yaitu bernilai basis dipangkatkan dengan urutan posisinya. Untuk lebih jelas perhatikan tabel di bawah ini.
sistem digital, desimal, angka








Dengan begitu maka bilangan desimal dari 8598 dapat diartikan sebagai berikut:

Pecahan Desimal adalah nilai desimal yang mengandung nilai pecahan di belakang koma, misalnya nilai 183,75. Nilai tersebut dapat diartikan sebagai berikut :

desimal, pecahan, digital, analog
Itulah apa yang dimaksud dengan Sistem Bilangan Desimal. Semoga bermanfaat buat kita semua. Salam Go Blog dari Mahasiswa Go Blog.

Sistem Bilangan Desimal


Comments
Share
Related


1 comment:

Designed By Seo Blogger Templates