Klasifikasi Jaringan Wireless | Teknologi wireless dimana dasar klasifikasi wireless biasanya berdasarkan jarak yang bisa di jangkau oleh wireless tersebut. Berikut klasifikasi wireless berdasarkan buku yang saya baca. :)

Wireless PAN
Perangkat wireless ini hanya bisa menjangkau area tidak lebih dari 10 meter. WPAN (wireless personal access point) menggunakan teknoligi bluetooth, dengan protokol 802.15. WPAN banyak diaplikasikan pada perangkat-perangkat seperti keyboard, mouse,ear phone, scanner, printer, dan lain-lain.

Protokol 802.15 pada WPAN menggunakan frekuensi 2.4 Ghz (16 Channel) dan juga memanfaat spektrum 915MHz (10 Channel) serta 868 MHz (1 Channel) yang berdata rate tipe TG4 (low rate) dengan kecepatan transfer sekitar 20-250 Kbps.

Wireless LAN
Disingkat dengan WLAN atau wifi saja, perangkat WLAN memiliki jangkauan akses yang lebih jauh dibandingkan WPAN yaitu mencapai 500-1000 meter.WLAN menggunakan protokol 802.11b dan 802.11 a/g, dengan data rate 11 Mbps - 54 Mbps. Spektrum frekuensi pada 2.4 Ghz dan 5 Ghz sangat luas digunakan untuk kelas SOHO dan home networking.

Wireless MAN
Wireless MAN adalah kumpulan dari beberapa WLAN yang membentuk kompleksitas dan populasi jaringan wireless. Protokol yang digunakan pada Wireless MAN adalah tipe 802.16 atau biasa disebut dengan WiMAX.

WiMAX merupakan standar akses internet dengan menggunakan band pita lebar yang menggunakan protokol 802.16. Jarak akses WiMAX bisa mencapai 30 miles jauhnya.

Wireless WAN
Pengetrian Wireless WAN tidak jauh berbeda dengan WAN untuk teknologi kabel. Wireless WAN berdiri dari kumpulan Wireless MAN dan membentuk sebuah populasi. Cakupannya berdasarkan kawasan secara geograpik.

Klasifikasi Jaringan Wireless


Comments
Share
Related


Designed By Seo Blogger Templates