Teknologi | Banyak orang yang hampir setiap hari berurusan dengan Email, baik yang berurusan dengan pekerjaan, berkomunikasi dengan orang lain dan tidak ketinggalan bagi yang suka nge-Blog seperti saya Mahasiswa Go Blog. Dari sekian banyak orang yang menggunakan email namun masih banyak diantara kita yang tidak mengertia apa itu email dan bagaimana cara kerjanya. 

Pengertian dan Keunggulannya
Email adalah layanan sebuah media untuk mengirim surat elektronik melalui sambungan internet. Karena internet merupakan bagian dari sistem elektronik, maka email tersebut sebagai surat elektronik atau disingkat dalam baha Indonesia menjadi surel. Tentu saja surat elektronik lebih sederhana dan mudah daripada surat konvensional yang menggunakan kertas. Surat biasa membutuhkan waktu yang cukup lama untuk sampai ketujuannya dan itu tidak berlaku untuk surat elektronik, karena surat elektronik yang kita kirim keseseorang akan sampai ketujuan hanya dalam hitungan beberapa detik saja. Selain keunggulan yang di atas, email juga bisa dibilang tidak membutuhkan biaya sama sekali.

Mekanisme Pengiriman dan Penerimaan Email
Banyak yang dari kita tidak mengira bahwa email yang kita kirimkan memiliki beberapa perbedaan dalam tata cara pengiriman dan penerimaan. Dalam hal ini, mekanisme pengiriman dan penerimaan email dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu:

1. Email menggunakan Post Office Protocol (POP) dan Simple Mail Transfer Protocol (SMTP).

Pengiriman email jenis ini membutuhkan protokol yang memungkinkan email dikirim dan diterima dari satu server ke server lain dan dari server ke komputer pemilik akun. POP saat ini sudah berada di level 3 dan kemudian disebut POP3. POP3 merupakan protokol untuk mengambil email dari kotak surat di server ke komputer kita. Sedangkan SMTP adala protokol yang digunakan untuk mengirimkan surat darikomputer kita ke server kotak surat yang diteruskan ke server yang memuat surat yang dituju. POP dan SMTP merupakan cara terdahulu daham hal menggunakan email. Berkas email yang ada di kotak surat diunduh ke komputer kita.

2. Web-based Email atau Email Berbasis Web

Pada dasarnya mekanisme Web-based dengan POP3 dan SMTP sama saja. Yang membedakannya adalah dimana kita tidak perlu mengunduh email dari kotak surat di server ke komputer kita. Kita tinggal membuka web tertentu seperti gmail, yahoo mail, outlook, dan hotmail untuk membaca email dan mengirimkan email. 

Itulah kedua mekanisme pengiriman email. Selain kedua hal mengenai mekanisme pengiriman email, email juga dibedakan berdasarkan format isinya, yaitu sebagai berikut:

1. Plain Text Mail
Plain text mail adalah jenis email yang format isinya menggunakan sistem American Standart Code for Information Interchange (ASCII). Tulisan yang dibuat menggunakan format ini tidak dapat dimodifikasi seperti warna, ukuran, jenis font dan lain sebagainya. Semua sesuai dengan aslinya karena tidak ada pengolahan atau penambahan aksesoris.

2. HTML Email
HTML merupakan singkatan dari Hyper Text Markup Language yang merupakan bahasa standar yang digunakan untuk mengatur penampilan informasi di internet. Email yang menggunakan format ini umumnya dapat disesuaikan dengan selera pengirimnya. Dengan begitu email tersebut dapat ditambahkan macam-macam aksesoris, seperti penggantian font, warna font, ukuran font dan lain sebagainya pada tiap bagian surat elektonik tersebut.

Itulah penjelasan mengenai Mekanisme dan Cara Kerja Email, semoga penjelasan di atas dapat menambah pengetahuan kita yang berhubungan dengan dunia IT.

Mengenal Mekanisme dan Cara Kerja Email


Comments
Share
Related


4 comments:

  1. hai mas broh.. jam segini udah gentayangan :D ..


    oya baca baca tentang pengurangan fitur di yahoo apa aja ya.

    ReplyDelete

Designed By Seo Blogger Templates