Networking | Proxy saat ini menjadi hal yang sudah umum bagi pengguna internet. Proxy merupakan salah satu bentuk layanan internet yang memudahkan aktivitas berselancar di dunia maya. Pengertian Proxy sendiri adalah suatu server yang menyediakan layanan untuk meneruskan setiap permintaan kita kepada server lain di internet. Dengan proxy maka identitas kita berupa IP pada komputer akan tersembunyi karena yang dikenal server di request adalah IP dari server proxy yang kita gunakan. Proxy pada umumnya digunakan untuk menyembunyikan identitas atau untuk menghindari pemblokiran akses ke suatu server.
proxy, nawala, internet, server, pengertian

Dengan menggunakan proxy, maka topologi jaringan yang kita gunakan akan berubah. Semua paket data dari komputer kita tidak langsung menuju server yang kita inginkan, namun menuju server proxy. Gambarannya adalah sebagai berikut.

Request/Permintaan
Komputer kita => Router => Proxy => Server yang dituju

Reply/Tanggapan
Server yang dituju => Proxy => Router => Komputer kita

Internet memiliki banyak kegunaan diantaranya sebagai media dijejaring sosial, jual beli online, mencari lowongan pekerjaan, berbagi pengetahuan, ngeblog, mendownload musik atau video dan lain sebagainya. Namun ada kalanya pengguna mengalami gangguan pada koneksi, terutama pada IP yang digunakan. Ada keadaan dimana IP yang kita gunakan  ditolak oleh suatu server karena alasan tertentu. Salah satu cara agar bisa mengakses server tersebut yaitu dengan menggunakan proxy. Langkah tersebut merupakan keuntungan secara eksternal yang mana server yang kita tuju tidak mengetahui alamat IP kita yang asli karena alamat yang terdeteksi oleh server yang kita tuju adalah alamat IP proxy. 

Itulah sedikit penjelasan mengenai Pengertian Proxy dan Kegunaannya Dalam Sistem Jaringan. Semoga bisa menambah pengetahuan kita.

Pengertian Proxy dan Kegunaannya Dalam Sistem Jaringan


Comments
Share
Related


No comments:

Post a Comment

Designed By Seo Blogger Templates