Networking | Jika Sebelumnya kita sudah kenalan dengan Tokoh-tokoh Hacker Dunia. Kali ini kita akan mengenal Lebih Dekat Dengan Anonymous Dunia. Sepak terjang Anonymous seringkali menggemparkan dunia, khususnya dunia IT terkait dengan internet. Sulit diketahui siapa saja yang masuk kedalam Anonymous. Ciri khas dari Anonymous yaitu mereka selalu memakai topeng ala Guy Fawkes, seorang aktivis Inggris terkenal dizaman dahulu.

Anonymous, hacker, nerworking, cracker, 4chan, times

Seperti apakah sepak terjang dan sejarah singkat tentang Anonymous? Berikut riwayat singkatnya yang saya himpun dari berbagai sumber yang dapat dipercaya menurut agama dan kepercayaan masing-masing.

Awal berdirinya Anonymous
Cikal bakal Anonymous berawal dari forum internet bernama 4chan pada tahun 2003. Anonymous punya beragam misi, terkhusus mereka menentang sensor internet dan pengawasan online aleh pemerintah. Sehingga seringkali Anonymous menyerbu website pemerintah sebagai tanda protes. Anonymous juga anti terhadap paham scientology, korupsi, dan homophobia.

Anonymous memang bukan benar-benar sebuah organisasi. Mereka adalah grup besar individual yang mempunyai ketertarikan yang sama. Sehingga sering dikatakan semua orang bisa menjadi Anonymous. Sejak tahun 2008 Anonymous semakin serius dalam aksi hacktivist, yaitu melakukan hack untuk misi tertentu. Mareka dijuluki sebagai Robin Hood digital dan dikenal memperjuangkan kebebasan informasi dan akses internet.

Asal Kata Anonymous
Nama Anonymous terinspirasi oleh anonimitas user yang biasa memposting sesuatu di internet. Karena banyak orang yang memilih tidak menyebutkan namanya didunia internet. Konsep Anonymous semakin mantap pada tahun 2004 ketika administratos 4chan mengaktivasi protokol Forced-Anon yang membuat semua postingan bernama Anonymous.

"Setiap orang yang ingin menjadi Anonymous dan bekerja dengan tujuan tertentu. Kami setuju dengan semua agenda namun beroperasi secara independen". Salah satu semboyan mereka adalah "We are Anonymous. We are Legion. We do not Forgive. We do not Forget. Expect Us".

Serangan ke Website Penting
Pada tahun 2009 setelah Pirate Bay terbukti bersalah atas kasus hak cipta, Anonymous melancarkan serangan melawan organisasi International Federation of The Phonographic Industry (IFPI). Organisasi tersebut termasuk yang menentang keberadaan Pirate Bay. Aksi serupa terjadi tahun 2012 ketika website Megaupload ditutup. Hacker Anonymous berhasil melumpuhkan situs Departemen Kehakiman AS, FBI, dan Motion Picture Association of America (MPAA). Semuanya dinilai sebagai pihak yang menggembosi Megaupload.

Anggota Yang Tertangkap
Pada tahun 2010 aparat di Belanda berhasil menangkap beberapa Anonymous termasuk remaja 16 tahun karena ulahnya menyerang website Visa, Mastercard dan Paypal. 

Pada bulan Januari 2011, kepolisian di Inggris berhasil menangkap lima orang hacker yang berhubungan dengan Anonymous.

Juni 2011, kepolisian Spanyol menahan tiga orang yang termasuk ke dalam jaringan Anonymous. Ketiganya ditangkap karena menyerang website pemerintah Mesir, Aljazair, Iran, Chile dan Selandia Baru.

Satu khasus yang cukup menonjol yaitu penangkapan Christopher Weatherhead. Dia adalah dalang dibalik serangan DDos dan Paypal dan dijatuhi hukuman 18 bulan penjara.

Itulah sedikit gambaran tentang Anonymous. Semoga bermanfaat
Dari berbagai sumber

Sejarah Singkat Anonymous Dunia


Comments
Share
Related


16 comments:

  1. Waw, keren,,, Jadi pengin ikut ngopi bareng Anonymouse ehehehehe !!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngopi, ngerokok, dan nongkrong sambil ...?
      ya Mas Bro!
      xiix

      Delete
  2. baru tau saya sejarah para hacker, saya taunya sih aksi2 mereka yg bikin hatiku berdebar debar mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hati berdebar seperti tersambar halilintar.
      xiix

      Delete
  3. Kalo Anonymous yang sering komeng di blog saya paling sebel sob, apalagi komeng yang ga sopan, ga jantan pokonya

    ReplyDelete
  4. ternyata ada sejarahnya to

    ReplyDelete
  5. Wah, ada cerita sejarah anonymous nih ... :D salam kenal mas ... Folbek yah ....:D

    ReplyDelete
  6. wah boleh di bilang master juga ya seorang anonymus kalau begitu gan

    ReplyDelete
  7. Kalau orang-orang di Unanymous itu bergabung menjadi sebuah perusahaan resmi yang pekerjaannya tidak membuat orang lain gerah, pasti Google, Microsoft, dan Yahoo bukan saingan yang berarti.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener Mas Bro
      tp yah kenyataannya mereka masih dlm jalur negatif
      xiix

      Delete
  8. hihi serem jg yah,, kunjungan perdana gan,, di tunggu kunjng balik na yah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih dah nongkrong di Area Mahasiswa Go Blog Mas Bro

      Delete

Designed By Seo Blogger Templates