Top Five's | Banyak cerita yang beredar di masyarakat dan mereka menganggap cerita itu benar. Memang sebagiab cerita tersebut benar. Tapi ada sebagian cerita yang kita kenali nyatanya salah. Berikut 5 Fakta Salah Yang Populer di Masyarakat versi Mahasiswa Go Blog dirangkum daari berbagai sumber.

Fakta salah di masyarakat, einstein, cinderella, gunung everest

This is Top Five's : 5 Fakta Salah Yang Populer di Masyarakat versi Mahasiswa Go Blog:

1. Sepatu Cinderella terbuat dari kaca ?
2. Penemu Teori Relatifitas adalah Einstein ?
3. Air berwarna bening ?
4. Gunung Everest adalah gunung tertinggi di dunia ?
5. Apa hewan paling berbahaya ?

BERIKUT ADALAH JAWABAN YANG BENAR:

1. Terbuat dari apakah sepatu Cinderella ?
Jawaban : Bulu Bajing / Tupai

Charless Perrault, orang yang menulis kisah tersebut pada abad ke-17 versi modern, salah mendengar kata vair (bulu bajing) dalam dongeng abad pertengahan yang dipinjam dan diperbaharui dengan kata verre (kaca) yang kedengarannya memang mirip.

Cinderella merupakan cerita kuno dan universal. Ada suatu versi asal China yang muncul sekitar abad ke-9 serta 340 versi lain sebelum munculnya versi perrault dimana tidak satupun yang menyebutkan bahwa sepatu selop Cinderella terbuat dari kaca. Dalam versi China yang berjudul Yeh Shen, sepatu atau selop tersebut terbuat dari benang emas dengan sol emas padat. Di dalam versi Skotlandia, Rashie Coat, sepatu tersebut dibuat dari rumpun gelagah. Cinderella versi Prancis pada abad pertengahan, yang diadaptasi oleh Perrault, sepatu cinderella digambarkan sebagai Pantoufles de Vair dan terbuat dari bulu banjing atau tupai.

Tidak hanya memoles cerita Cinderella, dengan memberikan tikus-tikus, buah labu, serta ibu peri, Perrault juga mengurangi kesadisan dalam cerita tersebut. Di dalam buku aslinya pada abad pertengahan, saudara-saudara Cinderella yang jelek rupa memotong jari kaki mereka untuk mencoba sepatu tersebut, serta sesudah sang pangeran menikahi cinderella, sang raja membalas dendam kepada ibu tiri dan saudara cinderella dengan memaksanya berdansa menggunakan sepatu bot dari besi panas hingga mati.

2. Siapakah penemu Teori Relativitas ?
Jawaban : Bukan Einstein

Teori relativitas pertama kali diungkapkan oleh Galileo Galilei dalam karyanya "Dialogue Concering The World's Two Chief Systems" pada tahun 1632.

Teori relativitas mengungkapkan bahwa semua benda bersifat relativ terhadap gerakan satau sama lain. Dari sini terungkap bahwa kecepatan sebuah benda tidak dapat dinyatakan secara absolute, karena hanya relatif terhadap sesuatu yang lain. Tetapi tidak lama kemudian, Albert Einstein menyadari bahwa Galileo membuat kesalahan dalam teori relativitasnya, atau lebih mungkin terori tersebut gagal dalam kondisi-kondisi khusus.

Karya Einstein pada tahun 1905, "On The Electro Dynamics of Moving Bodies", merupakan tulisan pertamanya yang membicarakan Teori Relativitas Khusus, yang mana menjelaskan sifat-sifat aneh partikel-partikel yang bergerak mendekati kecepatan cahaya dalam ruang hampa udara. 

Teori Relativitas Umum yang menerapkan teori khusus tersebut terhadap fenomena skala besar seperti gravitasi, dipublikasikan sepuluh tahun kemudian yaitu pada tahun 1915.

3. Air berwarna bening ?
Jawaban : Salah

Jika kita berpendapat air itu tidak berwarna atau warnanya being/transparan, sedangkan warna biru itu hanya didapat dari pantulan warna langit, maka jawaban tersebut salah.

Air memanglah benar-benar berwarna biru, meskipun warna tersebut amat pucat. Kita bisa melihat ini di alam dengan kita melongong kedalam suatu lubang yang didalamnya salju atau es, kita akan mendapatkan sesuatu kolam yang amat putih, kemudian isi dengan air serta tengok lurus melewatinya, tentu airnya berwarna biru.

Tidak hanya warna yang didapat dari pantulan sinar di langit, terkadang laut juga berwarna hijau cemerlang meskipun dibwah langit yang biru dan cerah. Itu dikarenakan oleh tanaman mikoskopik serta ganggang yang memiliki kandungan konsentrasi tinggi.

4. Gunung apa yang menjadi gunung tertinggi dunia ?
Jawaban : Everest (salah), Gunung Olympus atau Olympus Mount (benar)

Dengan tinggi ±22 km dan lebar± 624 km dibandingkan dengan Gunung Everest yang mempunyai ketinggian ±8,848 km, menjadikan gunung olympus yang terdapat di Mars menjadi gunung tertinggi dunia yang pernah ditemukan. Bahkan gunung olympus memiliki kawah yang lebarnya kurang lebih 72 km dengan kedalaman 3 km.

Walau dengan ketinggian tersebut, gunung olympus tidak lah curam seperti yang kita bayangkan karena kemiringannya yang amat landai yaitu satu atau tiga derajat.

5. Hewan apa yang paling berbahaya didunia?
  • Ular Kobra
  • Harimau
  • Black Window Spider
  • Ikan Hiu

Tidak satupun jawaban di atas benar. Karena jawaban yang benar adalah Nyamuk.

Separuh umat manusia yang telah meninggal (jumlahnya sekitar 45 milyar jiwa) tewas karena nyamuk betina (nyamuk jantan hanya menggigit tanaman). Nyamuk membawa lebih dari 100 penyakit yang berpotensi menimbulkan kematian termasuk malaria, demam kuning, demam dengue, filariasis, kaki gajah, dan lain-lain. Bahkan sekarang ini, nyamuk membunuh satu orang setiap dua belas detik. Herannya, tidak ada seorang pun yang menyadari bahwa nyamuk itu berbahaya hingga akhir abad ke-19.

Faktanya terdapat 2.500 spesies nyamuk yang dikenal, 400 diantaranya bagian dari family Anopheles, dan dari jumlah itu 40 spesies bisa menjangkitkan malaria.

Nyamuk betina tertarik pada mangsa mereka melalui kelembaban, suhu, karbondioksida, panas tubuh, dan pergerakan dengan orang yang berkeringat dan ibu hamil mempunyai peluang digigit nyamuk yang lebih tinggi.

Itualah 5 Fakta Salah Yang Populer di Masyarakat versi Mahasiswa Go Blog.

5 Fakta Salah Yang Populer di Masyarakat


Comments
Share
Related


8 comments:

  1. Wah saya baru tahu tentang ini sob, sip banget infonya, makasih sob

    ReplyDelete
  2. beuh keren banget nih gan infonya, ane jd tmbah pngetahuan lg nih. thanks gan infonya
    blogwalking

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip Mas Bro
      thanks dah nongkrong di area Mahasiswa Go Blog

      Delete
  3. Terimakasih sudah berbagi sobat !!

    happy blogwalking sobat, MAMPIR SILATURAHMI, HEHEHEHE!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih dah nongkrong di area Mahasiswa Go Blog Mas Bro

      Delete
  4. Mantap nie, ane baru tau ntu.
    Salam kenal gan

    ReplyDelete

Designed By Seo Blogger Templates