Info Penting | Siapa yang tidak tahu pusar dan tidak tahu dimana pusar itu berada. Kalo yang tidak tahu berikut ada sedikit gambaran apa itu pusar dan dimana tempatnya, sebelum kita membahas Kenapa Lubang Pusar Tidak Boleh Dibersihkan.

Pusar adalah suatu tanda lubang tertutup yang letaknya di atas perut, dibuat dengan sengaja ketika tali pusar dilepas dan dipotong dari perut bayi yang baru lahir agar terlepas dari plasenta ibunya. Semua mahluk mamalia yang berplasenta pasti memiliki pusar. Hanya saja pusar pada hewan umumnya terlihat samar dan tampak seperti garis tipis.

bayi, kebersihan badah

Kotoran yang terdapat pada kulit (daki atau bolot), akan tetap ada meskipun kita mandi setiap hari. Ini disebabkan karena sebenarnya daki atau bolot itu bukan hanya kotoran yang melekat pada kulit saja. Setiap hari ada sel mati yang mengandung keratin gugur dari permukaan kulit dan minyak yang keluar, semua akan bercampur menjadi satu bersama kotoran, itulah yang menyebabkan daki pada tubuh kita. Sel kulit mati dan minyak yang terdapat pada tubuh kita dan ada sebagian yang masuk kedalam lubang pusar menjadi kotoran. Kotoran yang ada di lubang pusar itulah yang tidak boleh dibersihkan.

Kenapa tidak boleh dibersihkan?

Kulit yang terdapat pada lubang pusar lebih tipis dibandingkan dengan kulit pada bagian lain tubuh kita. Pusar ibarat pintu dari sebuah ruangan seperti saat kita masih di dalam kandungan dimana ketika ada orang yang mau berkomunikasi dengan si bayi pasti lewat pusar ibunya sebagai penghubung komunikasi. 

Karena tipisnya kulit pusar kita, apabila kita mengorek-korek saat membersihkannya maka secara tidak langsung itu akan menyebabkan semakin tipis lagi kulit pusar kita dan itu sangat berbahaya. Bagaimana tidak, jika pusar kita ada celah sedikit untuk dimasuki sesuatu bisa kita bayangkan apa yang akan terjadi dengan perut kita.

Walaupun di balik kulit kita masih ada pertahanan lainnya sperti antibodi, makrofag dan lain-lain, tidak ada salahnya jika kita menjaganya, karena tidak ada yang bisa menjamin bahwa antibodi atau yang lainnya bisa menahan serangan dari luar yang akan masuk keperut kita melewati celah-celah pusat yang terbentuk akibat goresan setelah membersihkan tadi.

Catatan : dilarang membersihkannya dengan kasar


Mengapa Lubang Pusar Tidak Boleh Dibersihkan ?


Comments
Share
Related


6 comments:

  1. wah bnr bnget tuh gan, keren banget gan infonya. makasih gan udah d sharing.

    happy blogging :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih dah nongkrong di area Mahasiswa Go Blog Mas bro

      Delete
  2. wah ternyata gitu ya sob, trims infonya, menarik nih

    ReplyDelete
  3. Wahh infonya bermanfaat sekali mas , sbenernya saya suka ttuh ngebersihin pusar , tpi pake tisu doank hhehe

    ReplyDelete

Designed By Seo Blogger Templates