Technology | Bagi pecandu ponsel atau gadget, kehabisan baterai adalah musuh utama atau bisa diibaratkan dunia sudah kiamat. Ya, ponsel kehabisan baterai sudah menjadi keluhan umum dalam kehidupan yang serba modern ini. Namun tenag saja bagi Anda pecandu ponsel ataupun gadget, baru-baru ini ada sebuah penemuan yang akan menjadi solusi alternatif bagi masalah kehabisan baterai ini.
Charger, sungkyunkwan university, seoul, teknologi, ponsel, gadget

Para insinyur di bidang Elektro di Sungkyunkwan University di Seoul, Korea Selatan, mengambangkan sebuah teknik baru yang bisa mengubah suara kita menjadi sebuah energi listrik. Jadi, ponsel atau gadget kita bisa kita charge atau isi ulang baterai kita hanya dengan kita berbicara menggunakan ponsel kita. Teknologi ini juga dapat memanfaatkan suara latar untuk mengisi ulang baterai saat sedang digunakan. Dari mulai suara musik hingga kebisingan kendaraan bermotor, bisa menjadi energi baru untuk ponsel kita.

"Sejumlah pendekatan untuk 'mengais' energi dari lingkungan sekitar, semakin dikembangkan secara intensif", kata Dr Sang-Woo Kim, salah satu peneliti.

"Suara yang selalu hadir dalam keseharian dari lingkungan kita masih diabaikan menjadi sumber energi. Hal ini lantas memotivasi kami untuk mewujudkan semacam pembangkit listrik yang mengubah suara dari percakapan, musik atau kebisingan menjadi energi listrik ", paparnya.

Teknologi ini menggunakan seutas zinc oxide yang diselipkan diantara dua elektroda. Terdapat alat yang meyerap suara pada bagian atasnya dan akan bergetar saat ada suara yang diserapnya. Hal ini menyebabkan zinc oxide tertekan dan gerakan ini menghasilkan arus listrik yang bisa digunakan untuk mengisi ulang baterai ponsel kita.

Sejauh ini, temuan Dr Kim dan timnya itu dapat mengubah suara 100 decibel  atau setara dengan kebisingan lalu lintas untuk menghasilkan 50 millivolt listrik. (Telegraph/Detik)

Penemuan Terbaru : Charger Ponsel Dari Suara, Bagi Pecandu Gadget


Comments
Share
Related


3 comments:

Designed By Seo Blogger Templates