Ilmu Islam | Haramnya Air Liur Anjing Dan Akibatnya | Islam mengharamkan dan melarang umatnya untuk memelihara, memakan, dan bahkan bersentuhan dengan anjing. Terutama najis yang disebabkan oleh anjing ketika kita bersentuhan. Hukum yang berkaitan dengan najisnya air liur anjing bukan didasarkan ayat Al Quran melainkan Sunnah Nabawiyah dan kita tidak akan menemukannya di dalam Al Quran.

macam-macam najis, hukum islam, info penting,

Di luar Al Quran kita mempunyai sumber syariah yang lain yaitu Sunnah Nabawiyah. Sunnah Nabawiyah adalah semua perbuatan, perkataan dan hal-hal yang dilakukan oleh Rasulullah SAW. Sama dengan Al Quran, kedudukan Sunnah Nabawiyah pada hakikatnya adalah wahyu dari Allah SWT. 

Hukum terkena air liur anjing adalah Najis Mughalladzah. Najis Mughalladzah adalah najis berat dimmana untuk mensucikannya dengan dibersihkan menggunakan air tujuh kali dan salah satunya menggunakan tanah. Tentu ada sebabnya mengapa Air Liur Anjing Haram.

Berikut penjelasan ilmiahnya mengapa Air Liur Anjing Haram yang saya rangkum dari berbagai sumber yang dapat dipercaya menurut agama dan kepercayaan masing-masing.

Persatuan dokter ahli kesehatan anak di Munich Jerman, mengumungkan tentang bahaya yang ditimbulkan oleh Air Liur Anjing. Dalam ulasannya air liur anjing mengandung banyak bateri yang menyebabkan penyakit dan dapat menular ketubuh manusia. Luka gigitan ajing sekecil apapun dianjurkan untuk segera diobati, karena luka gigitan anjing membawa kuman yang dapat menyebar keseluruh tubuh dan setidaknya gigitan anjing tidak melubangi jaringan kulit. Suntikan tetanus merupakan penanganan yang diwajibkan untuk diberikan ke korban guan mencegah penularan penyakit yang semakin parah.

Seseorang yang memelihara anjing memiliki resiko mengalami kanker payudara. Sebanyak 79,7 % penderita kanker payudara ternyata sering bermain dengan anjing diantaranya dengan memeluk, mencium, menggendong, memandikan, dan semua aktivitas yang berkaitan langsung dengan anjing. Di Norwegia 53,3 % dari 14.401 pemilik anjing mengidap kanker payudara.

"Barang memelihara anjing, selain anjing pemburu atau penjaga tanaman dan binatang, maka pahalanya akan berkurang stiap hari satu qirat." (Riwayat Jamaah)

dari berbagai sumber

Haramnya Air Liur Anjing Dan Akibatnya


Comments
Share
Related


6 comments:

  1. memang sudah lama di jelaskan oleh agama akan pntingnya mensucikan air liur dgn tanah. medis saja baru tau ttg hal ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener Mba Bro, so Islam itu istimewa

      Delete
  2. terimakasih sudah mengingatkan sobat,, setidaknya saya akan lebih berhati-hati bila bertemu anjing, minimal tidak terkena airliurnya,
    tapi bagaimana dengan airliur anjing pemburu atau anjing penjaga :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo menurut aku tetep najis Mas Bro, cuma beda seperti di jelaskan di hadist
      "Barang memelihara anjing, selain anjing pemburu atau penjaga tanaman dan binatang, maka pahalanya akan berkurang setiap hari satu qirat." (Riwayat Jamaah)

      Sebatas itu yang ane tau Mas Bro. he

      Delete

Designed By Seo Blogger Templates