Ilmu Komputer | Perkembangan Komputer Dunia | Banyak dari kita hanya tahu bagaimana mengoperasikan komputer tapi tidak banyak dari kita yang tahu tentang awal mula dan perkembangan mesin yang sangat membantu perkerjaan manusia saat ini. 

Ada orang yang mengatakan mari kita belajar dari sejarah namun ada juga yang mengatakan sejarah hanya untuk dikenang. Jadi tergantung pendapat Mas Bro dan Mba Bro sejarah untuk dipelajari atau hanya dikenang. Mari belajar dengan Mahasiswa Go Blog mengenai sejarah Perkembangan Komputer di Dunia.

Penemu pertama kalinya adalah Charles Babbage seorang pakar matematika yaitu pada tahun 1882, namun perkembangan komputer tidak lepas dari jasa penemu pada generasi-generasi selanjutnya.

Eniac, komputer pertama, mesin hitung, Charles Babbage, Dr. John V Atanasoff, Clifford Berry, Alan Turing, Howard Hathaway Aiken, Dr. John von Neumann, Dr. John W. Mauchly, J. Presper Eckert , jrWilliam Shockley, John Bardeen,Walter Brattain

Dengan idenya yang cemerlang Charles Babbage pada tahun 1822 menciptakan sebuah alat yang dapat membantu pekerjaan manusia dalam melakukan perhitungan yang rumit. Dari sinilah cikal-bakal perkembangan komputer yang kita gunakan. Mesinnya yang tidak selesai dibuat saat ini berada di London Museum of Science.



Tahun 1937 Dr. John V Atanasoff dan Clifford Berry mendesain komputer digital elektro pertama di dunia. Mereka menamai komputer digital elektro buatannya dari gabungan kedua nama mereka yaitu yang biasa dikenal dengan sebutan ABC (Atanasoff-Berry Computer). Komputer ABC hanya dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan.

Selama perang dunia 2 antara tahun 1943 ilmuwan Inggris yang bernama Alan Turing mendesai komputer elektronik khusus untuk tentara Inggris. Tujuan dari pembuatan komputer itu adalah untuk menembus kode pertahanan negara Jerman.

Tahun 1944 Howard Hathaway Aiken (american) membuat Mark I. Mark I adalah komputer hitung digital pertama yang dibuat memiliki luas 7,45 kaki x 50 kaki dengan berat 35 ton. Mark I dapat digunakan untuk menghitung probabilitas.

Dr. John von Neumann pada tahun 1945 menulis konsep penyimpanan data dan saat itu masih berupa ide.

Tokoh ilmuawan selanjutnya Dr. John W. Mauchly dan J. Presper Eckert , jr. pada tahun 1946 menyelesaikan komputer sekala besar pertama di dunia. Komputer sekala besar tersebut diberi nama ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Computer). Dunia mengetahui kedua orang ini sebagai PENEMU KOMPUTER.

ENIAC memiliki bobot 30 ton terdiri dari 18.000 lampu tabung (transistor ukuran besar), memiliki luas 30 kaki x 50 kaki dan memakai tenaga 160.000 watt. Pertama kali komputer ini dinyalakan seluruh jaringan listrik di Philadelphia mendadak mati.

Fungsi ENIAC tidak hanya sebatas melakukan operasi perhitungan, tapi juga dapat diprogram untuk melakukan proses sederhana dibandingkan dengan Mark I yang hanya bisa melakukan operasi perhitungan.

Tahun 1947 transistor pertama di dunia ditemukan. Penemunya adalah William Shockley, John Bardeen dan Walter Brattain. Dengan ditemukannya transistor ukuran komputer semakin mengecil.

Itulah awal perkembangan komputer yang kita gunakan saat ini. Mungkin Mas Bro dan Mba Bro ada yang mau menambahkan silahkan tinggalkan jejak di kolom komentar.

Perkembangan Komputer di Dunia


Comments
Share
Related


8 comments:

  1. mleddddakk pupolasinya :D .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lama-lama komputer melebihi orangnya Mba Bro MIZ TIA. hhehe

      Delete
  2. Blogwalking kawan. informasi yang menarik. pasti kawan satu ini kuliah di jurusan komputer ya.. hehehe nice share !!

    ReplyDelete
  3. Good writing is something I can appreciate. You have made your points in a smart way. I am impressed with how interesting you have been able to present this content. Thanks for sharing a nice information.
    executive mba distance learning

    ReplyDelete
  4. makin hebat dah sekarang pokoknya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makin hebat teknologi Mas Bro. Tp orangnya banyak yang pada belum hebat. khususnya Indonesia. he

      Delete

Designed By Seo Blogger Templates