hari libur, tahukah kamu, info, belanda, jerman, ara, yahudi, indonesia, budaya, tradisi
Info Penting | Hari libur banyak yang menunggunya, dimana saat-saat kita bisa santai dirumah, bisa refresh dan lain-lain dari kepenatan kita menjalani hari demi hari. Seminggu sekali kita dapat jatah untuk memanjakan tubuh kita dari aktifitas-aktifitas berat. Tapi Tahukah Mas Bro dan Mba Bro kenapa hari minggu libur?





Bagi yang belum tahu silahkan baca dengan teiliti dan bagi yang sudah tahu bacalah artikel ini dengan cermat.

Pada dasarnya tiap negara mempunyai tradisi liburnya masing-masing. Bangsa Arab menganggap hari jumat adalah hari untuk ibadah sehingga bangsa pemerintah Arab meliburkan hari jumat tersebut. Lain lagi bangsa Yahudi yang menganggap hari sabtu adalah hari ibadah, sehingga mereka libur pada hari sabtu.

Lalu bangaimana dengan hari minggu yang menjadi hari libur di Indonesia dan mayoritas negara di dunia.

Silahkan simak baik-baik dan pastikan bahwa Mas Bro dan Mba Bro menyediakan teman untuk mendukung program membaca artikel ini. Boleh minum, snack dan lain-lain yang penting Mas Bro dan Mba Bro suka.

Begini sejarahnya, tradisi libur pada hari minggu berasal dari tradisi Romawi Kuno di Italia. Pada saat itu orang Romawi Kuno beribadah dihari minggu. Selain itu orang Romawi Kuno selalu menandai hari minggu dan hari penting lainnya dengan tanda warna merah. Pada saat bangsa Romawi Kuno menguasai Belanda, Inggris, Prancis, Jerman, dan lain-lain. Tradisi libur hari minggu kemudian ditetapkan di negara-negara jajahan Romawi Kuno tersebut termasuk Belanda. Dan pada saat Belanda menjajah Indonesia selama 35o tahun, orang-orang belanda di Indonesia menerapkan tradisi libur di hari minggu.

Sampai sekarang, tradisi libur pada hari minggu masih dipakai di Indonesia dan kebanyakan negara di dunia dengan alasan selama 6 hari orang sudah bekerja keras dan perlu liburan. Pemerintah Indonesia menetapkan hari minggu sebagai hari libur nasional. Kalender-kalender di Indonesia juga mewarnai hari libur lainnya dengan warna merah seperti bangsa Romawi Kuno. Termasuk juga negara-negara di dunia menetapkan hari minggu libur dan menandai hari libur lainnya dengan tanda warna merah.

Dari berbagai sumber

Tradisi Hari Minggu dan Romawi Kuno


Comments
Share
Related


4 comments:

  1. berarti kita ngikut adat bangsa romawi kuno yah? ckckck

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener Mba Bro. Indonesiakan bisanya cuma ngikut-ngikut. he

      tapi tetep bangga menjadi orang Indonesia saya.

      Delete
  2. Kenapa hari liburnya gak ditambahin hari jumat juga? kan mayoritas warganya beragama islam :) biarin aja liburnya 2 hari :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Indonesia memang mayoritas islam Mas Bro. tapi indonesia bukan negara islam :D

      Delete

Designed By Seo Blogger Templates